Translate

Masakan Kalimantan Barat : Pisang Goreng Pontianak


Pisang Goreng Pontianak
Bahan :

  1. 10 buah pisang uli atau kepok
  2. Minyak untuk menggoreng

Bahan Adonan Pencelup :

  1. 125 gram tepung terigu protein sedang
  2. 1 sdm tepung beras
  3. 1 1/2 sdm gula bubuk
  4. 1/4 sdt garam
  5. 250 ml air

Bahan Adonan Kremesan :

  1. 250 gram tepung beras
  2. 50 gram tepung sagu tani
  3. 20 gram gula merah, sisir halus
  4. 2 butir kuning telur
  5. 1 sdm garam
  6. 1 liter air

Cara Membuat :

  1. Potong pisang seperti kipas, melebar. sisihkan.
  2. Adonan Pencelup : campur tepung terigu, tepung beras, gula bubuk dan garam lalu aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tidak ada butiran-butiran tepung. Sisihkan.
  3. Adonan kremesan : campur tepung beras dan tepung sagu, aduk rata. Masukkan gula merah, kuning telur dan garam, lalu aduk rata. tuangkan air sedikit demi sedikit hingga benar-benar tercampur rata.
  4. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak hingga benar-benar panas. Tuangkan setiap stu sendok sayur adonan kremesan, biar naik dan mengembang, lalu kecilkan apinya. Kumpulkan adonan kremesan hingga menyatu.
  5. Celup pisang dalam adonan pencelup, lalu letakkan diatas adonan kremesan yang sudah dikumpulkan. 
  6. Lipat kremesan hingga menutupi pisang, lalu goreng sampai matang. Angkat, tiriskan.

2 comments:

  1. Halo, Apa kabar?

    Salam kenal dari kami myTaste Indonesia

    Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep masakan yang sangat lezat dan menarik.

    Kami dari myTaste Indonesia merekomendasikan agar blog masakan Anda berada di TOP FOOD BLOG dalam situs kami, myTaste adalah Jejaring Sosial bagi para pecinta masakan khas Nusantara di Indonesia dan juga di berbagai negara. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam myTaste Indonesia,
    Immanuel Kabuhung

    ReplyDelete
  2. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini ��Pesugihan Putih Tanpa Tumbal��

    ReplyDelete